Maaf, Tulisan Saya Tak Sebagus yang Anda Buat! Maklumi Saja!

Kamis, 16 Juni 2011

KOMPONEN SOFTWARE YANG DIPERLUKAN KOMPUTER

Dari unsur kata yang membentuknya software dapat diartikan sebagai perangkat lunak. Perangkat lunak apaan itu? Dalam istilah komputer, lebih lengkapnya software dapat diartikan sebagai program dan prosedur komputer yang berkaitan dengan sistem operasi informasi. Software sangatlah berbeda dengan hardware.
Lalu komponen-komponen software apa sajakah yang diperlukan oleh sebuah komputer? Berikut ini adalah pemaparan saya tentang macam-macam komponen software yang diperlukan komputer. Pada intinya sebuah komputer memerlukan 4 macam komponen software yaitu : Sistem Operasi, Program Bantu atau Program Tambahan, Bahasa Komputer, dan Program Aplikasi.
1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi merupakan komponen software yang sangat penting yang akan dibaca pertama kali oleh komputer ketika anda menghidupkan komputer. Sistem Operasi merupakan pengendali utama yang akan mengendalikan pelaksanaan program komputer dan mengolah segala sumber daya yang ada. Ada 2 jenis Sistem Operasi yaitu Sistem Operasi yang berbasis CLI (Command Line Interface) dan yang berbasis GUI (Graphic User Interface). Pada OS yang berbasis CLI kita mengetikkan kode-kode perintah untuk melaksanakan pekerjaan. Contoh konkret dari Sistem Operasi ini adalah DOS. Dalam perkembangan, Sistem Operasi berbasis CLI tersisih oleh GUI Operating System. Di dalam Sistem Operasi GUI kita hanya tinggal memilih program dan perintah yang kita inginkan dengan mengeklik mouse saja. Hal ini sangatlah memudahkan pengguna karena lebih userfriendly. Tampilan yang ditawarkan pun lebih enak dipandang mata. Dalam Sistem Operasi jenis ini, mulai dikenal istilah click, drag, dan drop. Begitu banyak contoh GUI Operating System, contohnya : Windows XP , Windows 7, Ubuntu berbasis GUI, dan lain-lain.
2. Program Bantu atau Proram Tambahan (Utility Program)
Secara terperinci, program bantu dapat diartikan sebagai rangkaian standar routine yang membantu dalam operasi sistem kopmputer dengan melakukan beberapa proses yang sering diminta, seperti pembuatan salinan, pemilahan, atau penyatuan. Program bantu akan mengisi kekurangan Sistem Operasi. Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh program bantu antara lain : merapair file yang sudah terhapus, mengecek kondisi hardware, merepair kerusakan hardware (misalnya merepair bad sector pada harddisk), dan lain-lain. Contoh program utility adalah Hiren, Tune Up Utilities, Lantastic, dan lain-lain.
3. Bahasa Komputer (Computer Language)
Merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer. Ada 2 macam bahasa komputer yatiu Low Level Language dan High Level Language.
a) Low Level Language, merupakan bahasa tingkat rendah karena sulit dipahami dan hanya dapat dimengerti oleh pembuatnya. Contohnya adalah assembly language.
b) High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena menggunakan bahasa tingkat tinggi karena mudah dimengerti. Jenis bahasa ini menggunakan perintah serta kalimat makro yang menyamai bahasa manusia atau notasi matematika untuk menjelaskan masalah yang harus dipecahkan atau prosedur yang yang harus digunakan. Contohnya adalah BASIC, PASCAL, FORTRAN, dll.
4. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan software yang siap digunakan oleh user untuk memudahkan pekerjaan penggunanya. Program aplikasi dapat dibedakan menjadi :
a) Word Processing
Merupakan program ppengolah kata yang dapat digunakan untuk menulis, menyunting naskah. Contohnya adalah Microsoft Word 2003, Microsoft Word 2010, Lotus Ami Pro, dan lain-lain.
b) Desktop Publishing
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengatur tata letak suatu naskah sebelum dicetak. Contohnya adalah Ventura Publisher dan Page Maker.
c) Program Spreadsheet
Merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah angka. Data numerik diolah secara berkolom. Contoh dari program ini adalah Microsoft Excel, Lotus Improv, dan lain-lain.
d) Database Management System
Program ini dugunakan untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi. Data yang diolah berupa database. Conytohnya adalah Paradox, Microsoft Acces, My Sql, dan sebagainya.
e) Graphics
Dengan program ini kita dapat mengolah data berupa graphic seperti menggambar, meberi warna, membuat animasi, mengedit foto, dan lain-lain. Contoh dari program Graphic adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Photoshine, dan lain-lain.
f) Program Akuntansi
Program ini digunakan untuk mengatur keuangan. Biasanya pihak yang menggunakan program ini adalah perusahaan-perusahaan dengan cash flow yang besar. Contoh program ini adalah Pacioli 2000, Peach Tree Accounting, dan sebagainya.
g) Program Statistik
Program jenis ini digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contohnya adalah Statistica, SAS, dsb.
h) Communication
Program jenis ini digunakan untuk melakukan komunikasi dengan pengguna lain. Contohnya adalah Carbon Copy, DataFax, dsb.
i) Multimedia
Program ini berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan multimedia. Contohnya adalah Adobe Premiere Pro, Microsoft Video, dan lain-lain.
j) Game
Program ini merupakan program permainan saja. Contohnya Prince Of Persia Need For Speed, GTA, dan lain-lain.
k) Antivirus
Merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan membasmi virus komputer. Contohnya sangatlah banyak seperti Avira, AVK Kasper Sky, Smadav, dan lain-lain.
Nah, sudah tahu kan komponen-komponen software yang dibutuhkan oleh komputermu? Semoga saja tulisan ini bermanfaat bagi kalian. Tunggu ya tulisan-tulisan saya yang lain. See You!

3 komentar:

keparat

sama persis sama pelajaran ku waktu smk thnx..

keparat

keren bro tab menunya

Unknown

Terimakasih kak artikelnya sangat bermanfaat, ditunggu next artikelnya.

Kunjungi Blog saya di
http://aurelliafemilya.blogspot.com/

Dan Kunjungi juga
http://www.atmaluhur.ac.id/

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

 

Followers

 

Custom Text Widget

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger